PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK TK B DI PAUD TERPADU HAPPY KIDS PALEMBANG
Daftar Isi:
- Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sains Anak TK B PAUD Terpadu Happy Kids Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis pre-eksperimen dan desain One Shoot Case Study yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kemampuan sains pada anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling (sampel bertujuan) dengan pertimbangan kemampuan sains anak B1 yang berjumlah 18 anak memiliki kemampuan sains yang masih rendah. Pengumpulan data mengguanakan lembar observasi dan tes tertulis . Hasil analisis thitung = 6,62 yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel = 1,74, sehingga terdapat pengaruh mentode proyek terhadap kemampuan sains anak TK B PAUD Terpadu Happy Kids Palembang. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata posttest anak sebesar 77,33 dan berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan indikator melakukan percobaan sederhana pencampuran warna adalah indikator dengan nilai yang paling menonjol. Sebanyak 55,55 % berada dalam kategori BSB, 33,33 % berada pada kategori BSH, 11,11 % pada kategori MB dan tidak ada anak termasuk kategori BB. Untuk indikator yang mendapatkan nilai terkecil adalah indikator menjelaskan proses perubahan warna. Sebanyak 40 % anak berada pada kategori BSB, 35,2 % berada pada kategori BSH, 23,52 % berada pada kategori MB dan tidak ada anak yang berada pada kategori BB. Saran agar terdapat 1 guru pada setiap kelompok dalam pembelajaran proyek.