Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model discovery learning terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika kelas X di SMAN 1 Inderalaya Utara. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental Designs dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dimana kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang akan di berikan perlakuan menggunakan model discovery learning, tanpa menggunakan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal essai sebanyak 8 soal untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat pretest adalah 38,03 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa saat posttest adalah 75,60. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 15,03 sedangkan ttabel = 1,67, terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika siswa kelas X SMA N 1 Inderalaya Utara.