PENGARUH MEDIA GAMBAR MENGGUNAKAN MOVABLE ALPHABET TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK IT IZZUDIN PALEMBANG
Daftar Isi:
- Pengaruh Media Gambar Menggunakan Movable Alphabet terhadap Kemampuan Membaca Permulaan telah dilakukan di kelompok A di TK IT Izzudin Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Esperimen dengan desain One Shot Case Study, teknik pengambilan sampel strata (Statificated Sampling) berumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan tes perbuatan. Berdasarkan Hasil analisis data yang dipoeroleh nilai thitung= 8,424 sedangkan ttabel= 1,780. Dengan demikian thitung ≥ ttabel, Dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Media Gambar menggunakan Movable Alphabet Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Terbukti nilai rata-rata posttest anak adalah 76,38 dan berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Ketercapaian anak dapat dilihat dari 4 indikator dengan jumlah anak yang berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). indikator yang menonjol yaitu membaca dengan taraf lambat sebanyak 7 orang anak (54%) dari 13 orang anak. indikator pengenalan bentuk huruf A-Z sebanyak 7 orang anak (54%), indikator pengenalan unsur linguistik sebanyak 6 orang anak (46%) dan indikator pengenalan hubungan antara pola ejaan dan bunyi sebanyak 6 orang anak (46%).