Daftar Isi:
  • Pengaruh Alat Permainan Montessori terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok B3 di TK IT Izzudin Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan metode Pre- Eksperimen dengan desain One Shoot Case Study. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling yaitu anak kelompok B3 berjumlah 13 anak. Pengumpulan data menggunakan tes perbuatan dan tes tertulis. Hasil analisis data yang diperoleh nilai 8,50 ≥ 1,780, maka Alat Permainan Montessori berpengaruh terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok B3 di TK IT Izzudin Palembang yang terlihat pada ketercapaian 10 anak (76,92%) pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) lebih menonjol pada indikator mengurutkan benda menggunakan alat permainan montessori berupa number rods (the reds and blue rods). Selanjutnya, 3 orang anak dari 13 anak berada pada kategori belum berkembang (BB), mulai berkembang (MB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) masing-masing sebanyak 1 orang anak. Ketidaktercapaian ini terlihat pada indikator operasional sederhana bilangan. Anak menggunakan lambang bilangan untuk menghitung 1-20 (penjumlahan dan pengurangan sederhana) masih dengan bantuan guru. Disarankan untuk mengembangkan alat permainan montessori ini dalam pembelajaran konsep bilangan dimodifikasi lengkap sesuai tema di PAUD.