PERBANDINGAN KREATIVITAS SISWA SMAN 3 PALEMBANG DAN SMA THAI NGUYEN VIETNAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan kreativitas siswa SMAN 3 Palembang dan SMA Thai Nguyen Vietnam dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Sampel penelitian ini adalah siswa SMAN 3 Palembang sebanyak 87 orang dan siswa SMA Thai Nguyen Vietnam sebanyak 118 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa Creative Ability Mathematics Test (CAMT), kuisioner Mathematics Attitude Scale, kuisioner SRBCSS-Mathematics dan SRBCSS-Creativity serta wawancara. CAMT diberikan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kreativitas siswa dalam pemecahan masalah, kuisioner Mathematics Attitude Scale diberikan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran untuk masing-masing faktor yang memengaruhi kreativitas, sedangkan kuisioner SRBCSS-Mathematics dan SRBCSS-Creativity diberikan untuk memperoleh gambaran mengenai persepsi guru di masing-masing sekolah tentang kemampuan matematika dan kreativitas yang dimiliki siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata hasil tes kreativitas kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan. Perbedaan ini ditunjukkan oleh perbedaan dominasi kategori kreativitas, dimana siswa SMAN 3 Palembang didominasi oleh kategori tidak kreatif, sedangkan SMA Thai Nguyen didominasi oleh kelompok sangat tidak kreatif. Perbedaan ini dipengaruhi oleh sikap positif terhadap matematika dan kecemasan matematika yang dimiliki siswa.