Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 dan pengambilan data pada bulan April 2015. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Palembang yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 27 oarang perempuan. Materi yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah Ksp. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, pertemuan pertama yaitu dengan orientasi siswa pada masalah dengan diberi handout dan siswa dibentuk dalam kelompok, pertemuan kedua siswa mengembangakan dan menyajikan hasil karya seperti diskusi dan tanya jawab dan pertemuan ketiga siswa diberi soal evalausi. Data hasil belajar siswa yang terdiri dari 35% kategori kemampuan siswa sangat baik, 17,5 % dikategorikan baik, 30 % dikategorikan cukup dengan jumlah skor rata-rata adalah 78,25% dan skor keaktifan 76% dengan kategori aktif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti menyarankan agar model pembelajaran berbasis masalah ini dapat diterapkan oleh guru-guru kimia lain.