Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Tiga Dimensi Anak Kelas B Di TK Al-Falah Palembang. ”Yang menjadi rumusan masalahnya adalah apakah melalui media tiga dimensi dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui media tiga dimensi.Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas B4 TK Al-Falah Palembang yang berjumlah 16 orang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan.Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus,setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data diambil dengan cara melakukan test perbuatan di setiap akhir pertemuan, selanjutnya diambil nilai rata-rata pada setiap siklusnya dan di masukkan ketabel kriteria serta menghitung jumlah anak yang mendapat nilai minimal Berkembang Sesuai Harapan (BSH) demikian pula pada siklus selanjutnya. Dari analisis data di pra siklus sampai siklus II, diperoleh hasil berturut-turut sebagai berikut. Data pra siklus didapatkan dari nilai raport yang dikuantivikasikan dengan rata-rata nilai 71,5 dengan persentase 56 % anak yang minimal (BSH) sebanyak 9 anak. Berdasarkan hasil tindakan data yang didapat pada siklus I rata-rata nilai anak sebesar 74 dengan persentase 69% anak yang minimal BSH sebanyak 11 anak,dan siklus II didapat rata-rata nilai anak 79,93 dengan persentase 81% sebanyak 13 orang, dari data tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui media tiga dimensi di kelas B TK Al-Falah Palembang. Maka disarankan penggunaan media tiga dimensi dipakai setiap di pembelajaran