Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia menggunakan Macromedia Captivate terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh multimedia menggunakan macromedia captivate terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada pengaruh multimedia menggunakan macromedia captivate terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental dengan bentuk One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI.IPS di SMA Negeri 1 Tanjung Batu Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester Gazal yang berjumlah 95 peserta didik. Sampel penelitian ini diambil menggunakan random dengan teknik Cluster Sampling dan didapatlah kelas XI IPS.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu menggunakan uji-t dengan taraf signifikan (α = 0,05) dan (dk = n – 2). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa didapat thitung = 3,877 ≥ ttabel = 1,699. Apabila thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan media pembelajaran macromedia captivate terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menerapkan media macromedia captivate sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.