PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 25 INDRALAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Pop Up Book terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 25 Indralaya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SD Negeri 25 Indralaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 25 Indralaya sebagai kelas penelitian yang terdiri dari 20 siswa. Pada kelas penelitian diberikan perlakuan yaitu dengan meggunakan media Pop Up Book pada pembelajaran IPS. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal. Oleh karena itu hipotesis penelitian diuji menggunakan uji . Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji diperoleh = 16,483 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh = 2,093 sehingga terlihat bahwa = 16,483 > = 2,093. Oleh karena itu, ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 25 Indralaya.