PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NUR IMAN PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nur Iman Palembang”. Penelitian Deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan Metode bermain peran dalam pengembangan keterampilan berbicara. Data dikumpulkan dengan teknik observasi menggunakan instrumen check list dan analisis menggunakan Metode Deskriptif kuantitatif. Dari populasi yang ada penulis mengambil 12 anak kelas B2 di TK Nur Iman Palembang. Berdasarkan hasil pengamatan atau observasi penelitian yang sudah dilakukan dapat dilaporkan gambaran Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nur Iman Palembang selama tiga kali pertemuan analisis hasil data pada empat indikator yaitu kelancaran (kefasihan) berbicara, perbendaharaan kosakata, isi pembicaraan, ketetapan ucapan diperoleh pada pertemuan pertama jumlah rata-rata nilai keterampilan berbiacara anak adalah 67,18 termasuk kategori berkembang sesuai harapan, pertemuan kedua rata-rata nilai keterampilan berbiacara anak adalah 81,25 termasuk kategori berkembang sesuai harapan, peretemuan ketiga rata-rata nilai keterampilan berbiacara anak adalah 87,5 termasuk ketegori berkembang sangat baik. Jumlah rata-rata nilai keterampilan berbiacara anak dari keseluruhan pertemuan adalah 78,64 termasuk kategori berkembang sesuai harapan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dalam pengembangan keterampilan berbicara anak di kelas B di TK Nur Iman Palembang adalah kategori berkembang sesuai harapan.