PENERAPAN MODEL WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 152 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan menerapkan model word square di Kelas V SD Negeri 152 Palembang. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah kelas Vd SD Negeri 152 Palembang dengan jumlah siswa 40 orang. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil ini menunjukkan setelah diberikan tindakan siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 70,51 dengan persentase ketuntasan 61,54%. Dilakukan tindakan siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 80,51 dengan persentase ketuntasan 79,49%, dan setelah dilakukan tindakan siklus III nilai rata-rata siswa 88,50 dengan persentase ketuntasan 87,50%. Kemudian dari hasil persentase keaktifan siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 56,49% (Cukup Aktif) dan siklus I pertemuan 2 mencapai 65,64% (Aktif), dan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 72,44% (Aktif), siklus II pertemuan 2 mencapai 76,41 (Aktif). Pada siklus III pertemuan 1 81,13% (Aktif) dan siklus III pertemuan 2 sebesar 85,13% (Sangat Aktif). Disimpulkan bahwa model word square dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas V SD Negeri 152 Palembang.