Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita anak pada siswa kelas IV SD Singapore Indonesian School Palembang menggunakan media video. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Indikator ketuntasan yang ditetapkan adalah ≥70 dan ketuntasan klasikal adalah 85%. Nilai kentuntasan belajar pada siklus I pertemuan pertama sebesar 62,5% dan siklus I pertemuan kedua sebesar 64,70%, pada siklus II pertemuan pertama sebesar 75% dan siklus II pertemuan kedua sebesar 82,35%, pada siklus III pertemuan pertama sebesar 93,75% dan siklus III pertemuan kedua sebesar 94,10%. Nilai aktivitas pada siklus I pertemuan pertama sebesar 50% dan siklus I pertemuan kedua sebesar 58,82%, pada siklus II pertemuan pertama sebesar 75% dan siklus II pertemuan kedua sebesar 76,47%, pada siklus III pertemuan pertama sebesar 82,5% dan siklus III pertemuan kedua sebesar 88,24%. Dengan demikian, penggunaan media video dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita anak pada siswa kelas IV SD Singapore Indonesian School Palembang.