PENGARUH METODE CALLA (THE COGNITIVE ACADEMIC LANGUAGE LEARNING APPROACH) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode CALLA terhadap kemampuan memahami isi teks eksplanasi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang. Metode penelitan yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 44 siswa dengan perlakuan metode pembelajaran CALLA, dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 44 siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 61,41 meningkat sebesar 25,14 menjadi 86,55 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol adalah 64,77 meningkat sebesar 18,87 menjadi 83,64 pada tes akhir. Dari hasil penelitian menujukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel = 3,083 > 1,663 dengan df = 86 pada tingkat keberhasilan 95% ( = 0,05). Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan ―Ada perbedaan kemampuan memahami isi teks eksplanasi antara siswa yang diajar menggunakan metode CALLA dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional‖ dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran CALLA berpengaruh terhadap kemampuan memahami isi teks eksplanasi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang.