UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI 35 LAHAT KABUPATEN LAHAT MELALUI TEKNIK BRAINSTORMING
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 35 Lahat Kabupaten Lahat melalui Teknik Braistorming yang di-laksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri 35 Lahat yang berjumlah 27 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi proses pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan ketuntasan belajar siswa sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata kelas 69,19, pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 77,78% dengan nilai rata-rata kelas 73,63, dan pada siklus III ketuntasan belajar siswa sebesar 92,60% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 83,56. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal yang sangat aktif dan aktif pada siklus I sebesar 59,26% dengan nilai rata-rata kelas 61,85. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,37% dengan nilai rata kelas sebesar 70,74. Selanjutnya pada siklus III meningkat menjadi 85,19% dengan nilai rata-rata kelas 85,19. Dari data yang terkumpul menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar dalam keterampilan berbicara pada siswa kelas IV di SD Negeri 35 Lahat Kabupaten Lahat setelah menggunakan Teknik Brainstorming.