Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vb SD Negeri 147 Palembang pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi keterampilan menyimak dongeng dengan menggunakan media audio visual. Subjek penelitian subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb SD Negeri 147 Palembang dengan jumlah 32 siswa dengan rincian 15 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Analisis data menggunakan teknik tes dan observasi. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa atau 53.125%, pada siklus II menjadi 23 siswa atau 71.875%, dan pada siklus III menjadi 29 siswa atau 90.625%. Peningkatan persentase ketuntasan siswa ini juga didukung dengan persentase keaktifan siswa Pada siklus I siswa yang tergolong sangat aktif sebanyak 1 orang atau 3.12%, lalu siswa yang aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar sebanyak 16 orang atau 50%. Pada siklus II siswa yang tergolong sangat aktif sebanyak 6 orang atau 18.75%, lalu siswa yang aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar sebanyak 17 orang atau 53.125%. Pada siklus III siswa yang tergolong sangat aktif sebanyak 11 atau 34.375%, lalu siswa yang aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar sebanyak 18 atau 56.25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi keterampilan menyimak dongeng siswa kelas Vb. Sehingga peneliti menyarankan agar media Audio Visual agar diterapkan diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia.