PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 04 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan Model Quantum Learning di Kelas V SD Negeri 04 Palembang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 29 orang siswa terdiri dari 11 perempuan dan 18 laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Hasil ini menunjukkan setelah diberikan tindakan siklus I nili rata-rata siswa yaitu 80,34 dengan persentase ketuntasan 72,41%. Dilakukan tindakan rata-rata siswa yaitu 93,79 dengan persentase ketuntasan 86,20%. Hasil keaktifan aktivitas siswa dapat meningkat, pada siklus I pertemuan pertama persentase siswa yaitu 20,68% (kurang aktif) pada pertemuan kedua meningkat menjadi 49,30% (cukup aktif). Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama meningkat menjad 53,57% (aktif) dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 72,41% (sangat aktif). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Palembang.