Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah hubungan kecerdasan emosional dengan disiplin belajar siswa kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel penelitian sebanyak 49 orang siswa kelas X yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi, yaitu skala kecerdasan emosional dan skala disiplin belajar. Analisis data dengan pearson product moment. Diperoleh rhitung = 0,365 berarti terdapat hubungan positif yang tidak terlalu tinggi antara kecerdasan emosional dengan disiplin belajar siswa kelas X SMA Unggul Negeri 8 Palembang dengan signifikan pada tingkat kepercayaan 95%, yaitu ( rhitung = 0.365 >rtabel = 0,281) Peneliti menyimpulkan terdapat hubungan positif yang signifikan dengan tingkat kepercayaan 95% antara kecerdasan emosional dengan disiplin belajar pada siswa kelas X SMA Unggul Negeri 8 Palembang.