UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 11 INDRALAYA DALAM MENENTUKAN UNSUR CERITA ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBACA PEMAHAMAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 11 Indralaya dalam menentukan unsur dari cerita anak melalui kegiatan membaca pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam pelaksanaannya dilakukan dengan cara berkolaborasi bersama guru kelas yang bersangkutan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Indralaya pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 35 orang siswa. Variabel/ faktor yang diselidiki pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam menentukan unsur cerita anak dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa rata-rata ketuntasan belajar siswa dalam menentukan unsur cerita anak melalui kegiatan membaca pemahaman selalu meningkat, yakni Siklus I 45,71%, Siklus II 65,71%, dan Siklus III 91%. Didukung juga dengan hasil rata-rata aktivitas siswa yang meningkat, pada Siklus I sebesar 63,57%, kemudian pada Siklus II 70,89% Siklus III 87,32%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bawa melalui kegiatan membaca pemahaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan unsur cerita anak dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.