PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang. Penelitian ini menggunakan model eksperimen semu dengan desain control group pre-test post-test. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 80 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok kontrol dan eksperimen, peneliti menggunakan Cluster Random Sampling sehingga didapatlah rincian 40 siswa kelas X.6 sebagai kelompok eksperimen dan 40 siswa kelas X.7 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis karangan argumentasi. Teknik analisis data dengan statistik uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai rata-rata tes awal menulis karangan argumentasi kelompok kontrol 62,90 dan kelompok eksperimen 66,40. Nilai rata-rata tes akhir menulis karangan argumentasi kelompok kontrol 71,35 dan kelompok eksperimen 84,13. Siswa yang mencapai KKM pada kelompok eksperimen 40 siswa dan kelompok kontrol 13 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMA Neegri 15 Palembang. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa thitung > ttabel atau 9,449 > 1,665 dengan df = 78 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,05). Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi " Ada perbedaan kemampuan menulis karangan argumentasi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model Learning Cycle 5E dan siswa yang di ajar dengan menggunakan model konvensional‖ diterima.