PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compasition) terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu X.IPS 1 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compasition) dan kelas X.IPS 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, pengolahan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggun akan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 48,41 meningkat menjadi 71,29 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 22,88. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 47,03 meningkat menjadi 60,61 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 13,58. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung =5,694> ttabel 1,997 dengan df 66 pada tingkat signifikasi 95% (a= 0,025). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami teks eksposisi kelas X SMA Negeri 15 Palembang. Dengan demikian Ha berbunyi “Ada perbedaan antara keterampilan siswa yang diajar dengan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compasition) dan siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional dalam pembelajaran memahami teks eksposisi “ diterima. Dapat disimpulkan bahwa model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compasition) lebih berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang.