PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MODEL PAIRED STORY TELLING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 24 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil dan proses pembelajaran keterampilan menyimak Siswa Kelas V SD Negeri 24 Palembang dengan media Audiovisual melalui model Paired Story Telling. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksankan selama 2 siklus, dengan tahapan penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 24 Palembang berjumlah 29 siswa, yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan menyimak siswa mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari ketuntasan belajar siswa di Siklus I dengan rata-rata 66,6 dalam persentase sebesar 67%. Pada Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat dengan rata-rata 80,7 dalam persentase sebesar 83%. Dari hasil observasi, keaktivan siswa yang mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 68,7 dengan kategori aktif, pada Siklus II meningkat menjadi 81,6 dengan kategori sangat aktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran media Audiovisual melalui model Paired Story Telling dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SD Negeri 24 Palembang.