KUALITAS PELAYANAN PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH OGAN ILIR TAHUN 2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kualitas pelayanan kesehatan pada pasien penyakit dalam RSUD Ogan Ilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder serta teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan pada pasien penyakit dalam dengan merujuk pada teori kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Parasuruan dan Berry cukup baik. Ada beberapa dimensi yang kurang baik, yaitu tangiable (bukti langsung) dalam hal sarana prasarana dan kebersihan yang masih kurang baik. Namun untuk beberapa dimensi seperti assurance (jaminan) dan emphaty (empati) cukup baik, karena para petugas medis memiliki kepribadian yang sopan santun saat memberikan pelayanan. Rekomendasi dari hasil skripsi ini adalah meningkatkan sarana dan prasarana seperti kursi penjaga pasien, ruang tunggu untuk kerabat, perawatan terhadap kebersihan lingkungan sekitar Pelayanan Penyakit Dalam, serta ketanggapan dan kecepatan petugas medis dalam memberikan pelayanan kepada pasien yang harus disama ratakan.