PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SD NEGERI 128 PALEMBANG MELALUI MODEL PAIRED STORY TELLING
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SD Negeri 128 Palembang menggunakan media Audio Visual melalui model pembelajaran Paired Story Telling. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan bertahap terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan menyimak dan observasi. Indikator yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan siswa adalah apabila siswa memperoleh nilai 270 dan ketuntasan belajar klasikal 80”o. Berdasarkan data nilai keterampilan menyimak siswa persentase ketuntasan pada siklus 1 adalah 53Yo, pada siklus II persentase ketuntasan 73,3”9, kemudian pada siklus III persentase ketuntasan 86,6Y6, terlihat bahwa setiap siklus pembelajaran terjadi peningkatan. Peningkatan persentase ketuntasan siswa ini juga didukung dengan persentase keaktivan siswa. Pada siklus I 63,75Y9 (cukup), sedangkan pada siklus II persentase keaktivan rata-rata siswa menjadi 73,12”6 (baik), kemudian pada siklus III persentase keaktivan rata- rata siswa meningkat menjadi 81,04”6 (sangat baik). Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media Audio Visual melalui model pembelajaran Paired Story Telling sangat mendukung dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga peneliti menyarankan agar media Audio Visual dan model pembelajaran Paired Story Telling agar diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia.