Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik PANORAMA terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI. IPA.1 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan teknik PANORAMA sedangkan kelas XI. IPA. 2 berjumlah 31 siswa mendapat perlakuan dengan teknik konvensional. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik statistik uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan membaca pemahaman siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan teknik PANORAMA dan siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan teknik Konvensional. Nilai rata-rata tes awal kemampuan membaca pemahaman siswa kelas eksperimen 55,24 dan siswa kelas kontrol 39,54. Pada tes awal tersebut, nilai siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol rata-rata di bawah KKM yaitu di bawah 78. Nilai rata-rata tes akhir membaca pemahaman siswa kelas eksperimen 80,85 dan siswa kelas kontrol 64,16. Siswa yang mencapai standar ketuntasan pada kelas eksperimen sebanyak 25 siswa atau 80,85% dan pada kelas kontrol sebanyak 4 siswa atau 12,90%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir pada kelas eksperimen. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa t hit > t tab atau 6,886 > 1,671 dengan df = 60 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,05). Dengan demikian, dari hasil penelitian membuktikan bahwa teknik PANORAMA memiliki pengaruh dalam pembelajaran membaca pemahaman di SMA Negeri 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.