Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Numbered Heads Together dan Teamwork di Kelas V SD Negeri 149 Palembang. Subjek penerima tindakan penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri 149 Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 24 siswa laki-laki serta subjek pelaksana tindakan adalah guru kelas VB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I pertemuan pertama diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 59,95 dan ketuntasan kelas mencapai 51,28% sedangkan pertemuan kedua diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 69,11 dan ketuntasan kelas mencapai 60,53%. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata yaitu 78,11 dan ketuntasan kelas mencapai 81,08% sedangkan pertemuan kedua diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 85,40 dan ketuntasan kelas mencapai 89,18%. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Numbered Heads Together dan Teamwork dapat meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri 149 Palembang. Oleh karena itu disarankan bagi para guru agar menggunakan kombinasi dari model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan Teamwork dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.