ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PADA KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN MATA PELAJARAN IPS DI SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar guru pada kelompok kecil dan perorangan mata pelajaran IPS serta kesulitan yang ada. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru pada kelompok kecil dan perorangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru IPS di SMP Srijaya Negara Palembang yang berjumlah dua orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Indikator keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi dengan siswa berada pada kategori sangat baik, indikator berorganisasi berada pada kategori baik, indikator membimbing dan memudahkan belajar berada pada kategori baik, indikator merencanakan dan melaksanakan kegiatan mengajar berada pada kategori sangat baik. Ditemukan ada sepuluh kesulitan keterampilan mengajar kelompok kecil yaitu guru menunjukkan sikap terbuka dan luwes ke siswa, guru memberi pujian, guru menyelipkan humor, guru mengadakan supervisi proses lanjut, guru membantu siswa menilai kemajuannya sendiri, guru memahami kepribadian siswa, guru mendorong untuk menghargai sesama, guru memberikan kulminasi, guru mengembangkan supervisi proses awal dan pemaduan. Ada tiga kesulitan mengajar perorangan yaitu guru memuji siswa yang berhasil dan menyemangati yang belum berhasil, guru membantu siswa menilai kemajuannya sendiri, guru menunjukkan kesungguhan melalui pandangan dan ekspresi wajah.