Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisa tingkat kognitif soal-soal pada buku teks matematika kelas VII pokok bahasan sistem persamaan linier satu variable berdasarkan taksonomi bloom. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif untuk menggambarkan tingkat kognif soal-soal. Subjek penelitian ini adalah soalsoal Uji Kompetensi pada BSE Matematika kurikulum KTSP, terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (2008) Bab Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel sebanyak 155 butir. Sumber Data dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik Matematika Konsep dan Aplikasinya:untuk kelas VII SMP dan MTS, yang ditulis oleh Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni, yang diterbitkan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (2012). Pada penelitian ini secara bertahap akan dianalisis tingkat kognitif pada soal-soal tersebut berdasarkan proses kognitif yang digunakan dalam penyelesaiannya. Tingkat kognitif untuk masing-masing soal tersebut digolongkan ke dalam enam tingkat kognitif berdasarkan indikator kognitif berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Hasil dari penelitian ini adalah persentase soal untuk masing-masing tingkat kognitif adalah: C1 (3,23%), C2 (30,97%), C3 (61,93%), C4 (3,87%), C5 (0%), C6 (0%). Hasil tersebut belum memenuhi proporsi soal yang mendukung ketercapaian Kompetensi Dasar, yaitu 30% untuk C1 dan C2, 40% untuk C3 dan C4, dan 30% untuk C5 dan C6.