Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Talk Write terhadap pembelajaran menulis teks argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa dengan perlakuan model Think Talk Write, dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dengan perlakuan model konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 49,93 meningkat sebesar 27,04 menjadi 76,97 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 50,17 meningkat sebesar 20,28 menjadi 70,45 pada tes akhir. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel = 2,775 > 2,002 dengan df = 57 pada tingkat keberhasilan 95% ( =0,025) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan “Ada perbedaan kemampuan menulis teks argumentasi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model Think Talk Write dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional” dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan model Think Talk Write merupakan model yang berpengaruh di dalam pembelajaran menulis teks argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara.