PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI MENGGUNAKAN GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP) BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA DI KELAS X SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang aktifitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika pada materi transformasi menggunakan Geometer’s Sketchpad berbantuan lembar kegiatan siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X.1 SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran bahwa aktifitas siswa pada proses pembelajaran matematika pada materi transformasi menggunakan Geometer’s Sketchpad berbantuan lembar kegiatan siswa adalah sebagai berikut: persentase siswa dengan skor aktifitas kategori sangat baik adalah sebesar 75%. Kemudian 25% siswa mendapat skor aktifitas kategori baik dan tidak ada siswa yang mendapat kategori cukup atau kurang. Dan pada hasil belajar siswa diperoleh rata-rata hasil ketuntasan yang dicapai siswa sebesar 2,90 dan telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan, yaitu ≥ 2,85.