UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DI KELAS IVA SDN 3 TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul”Upaya meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Tipe Number Head Together Di Kelas IVA SD Negeri 3 Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang. Tujuan penelitian ini adalah UntukMeningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model kooperatif tipe Number Head Together pada siswa kelas IVA SD Negeri 3 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Pada Pelajaran IPS”. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 3 Tebing Tinggi semester genap tahun ajaran 2013 yang berjumlah 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dalam penelitian ini terdapat 2 siklus tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator kerja untuk mengukur keberhasilan siswa adalah jika siswa memperoleh hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 85%. Berdasarkan hasil tes siklus I pertemuan I prestasi belajar siswa 25% meningkat pada siklus I pertemuan II yaitu 45% dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Hasil dari penelitian inidisimpulkan bahwa model pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IVA SD Negeri 3 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Oleh karna itu disarankan pada guru untuk menerapkan model pembelajaran Number Head Together dalam pe,mbelajaran IPS.