UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD NEGERI 04 PALEMBANG MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 04 Palembang melalui permainan kartu bergambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IB SD Negeri 04 Palembang dengan jumlah siswa 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes membaca permulaan dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Hal ini ditunjukkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap keterampilan membaca permulaan melalui permainan kartu bergambar pada siklus I nilai rata-rata 65,55 dengan persentase ketuntasan 66,67%. Selanjutnya pada siklus II naik menjadi 70,97 dengan persentase ketuntasan 75% dan pada siklus III nilai rata-rata kembali naik menjadi 75,83 dengan persentase ketuntasan 86,11%. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka penelitian ini dianggap berhasil karena keterampilan membaca siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu ≥65 dan ketuntasan klasikal yaitu ≥85%.