ctrlnum 17312
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unsri.ac.id/17312/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 1 INDRALAYA</title><creator>PRAYITNO, AGUS</creator><creator>Suharman, Andi</creator><creator>Edi, Rodi</creator><subject>LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) di kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data didapat melalui lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Terjadi peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa. Hasil belajar dan ketuntasan belajar sebelum tindakan adalah 45,40 dan 12,50%, meningkat menjadi 58,34 dan 40,60% pada siklus 1, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 71,05 dan 68,70%, dan pada siklus III meningkat menjadi 83,44 dan 87,50%. Tingkat keaktifan siswa pada siklus I 42,49%, siklus II 63,36%, dan pada siklus III mencapai 78,36%. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa.</description><date>2015-12-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/17312/1/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_01_font_ref.%20pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/17312/2/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_02.%20pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/17312/3/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_03.%20pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/17312/4/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_04.%20pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/17312/5/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_05.%20pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/17312/6/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_06_ref.%20pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/17312/7/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_07_lamp.%20pdf.pdf</identifier><identifier> PRAYITNO, AGUS and Suharman, Andi and Edi, Rodi (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 1 INDRALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University. </identifier><recordID>17312</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PRAYITNO, AGUS
Suharman, Andi
Edi, Rodi
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 1 INDRALAYA
publishDate 2015
isbn 06111010045
topic LB3050-3060.87 Educational tests
measurements
evaluations and examinations
url http://repository.unsri.ac.id/17312/1/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_01_font_ref.%20pdf.pdf
http://repository.unsri.ac.id/17312/2/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_02.%20pdf.pdf
http://repository.unsri.ac.id/17312/3/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_03.%20pdf.pdf
http://repository.unsri.ac.id/17312/4/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_04.%20pdf.pdf
http://repository.unsri.ac.id/17312/5/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_05.%20pdf.pdf
http://repository.unsri.ac.id/17312/6/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_06_ref.%20pdf.pdf
http://repository.unsri.ac.id/17312/7/RAMA_84204_06111010045_0017116507_0001066901_07_lamp.%20pdf.pdf
http://repository.unsri.ac.id/17312/
contents Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) di kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data didapat melalui lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Terjadi peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa. Hasil belajar dan ketuntasan belajar sebelum tindakan adalah 45,40 dan 12,50%, meningkat menjadi 58,34 dan 40,60% pada siklus 1, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 71,05 dan 68,70%, dan pada siklus III meningkat menjadi 83,44 dan 87,50%. Tingkat keaktifan siswa pada siklus I 42,49%, siklus II 63,36%, dan pada siklus III mencapai 78,36%. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa.
id IOS8119.17312
institution Universitas Sriwijaya
institution_id 177
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya
library_id 1098
collection Sriwijaya University Institutional Repository
repository_id 8119
city OGAN ILIR
province SUMATERA SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS8119
first_indexed 2020-03-23T07:59:24Z
last_indexed 2020-03-23T07:59:24Z
recordtype dc
_version_ 1684010453946073088
score 17.538404