Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan soal-soal bilangan pada buku teks matematika kurikulum 2013 edisi 2017 kelas VII berdasarkan framework TIMSS 2015, ditinjau dari segi komposisi soal-soalnya. Objek dalam penelitian ini adalah soal-soal bilangan pada buku teks matematika kurikulum 2013 edisi 2017 kelas VII . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini soal-soal tersebut dianalisis secara bertahap berdasarkan framework TIMSS 2015, dengan validasi hasil oleh ahli selanjutnya dianalisis pula untuk melihat tingkat penggunaanya. Hasil penelitian menunjukkan dari semua soal bilangan pada buku teks matematika kurikulum 2013 edisi 2017 kelas VII berada pada dimensi kognitif knowing berdasarkan framework TIMSS 2015, diantaranya berada pada dimensi kognitif applying, dan sekitar diantaranya berada pada dimensi kognitif reasoning. Persentase tersebut belum memenuhi proporsi soal sebagaimana pada framework TIMSS 2015 untuk mendukung ketercapaian kompetensi dasar, yaitu untuk soal knowing, untuk soal applying, dan untuk soal reasoning. Dari hasil penelitian diketahui bahwa komposisi soal-soal bilangan pada buku teks matematika kurikulum 2013 edisi 2017 kelas VII dominan berada pada dimensi kognitif knowing