KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS VII.3 SMP NEGERI 17 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII.3 SMP Negeri 17 Palembang yang berjumlah 32 orang. Proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan karakteristik dan langkah-langkah model penemuan terbimbing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model penemuan terbimbing di kelas VII.3 SMP Negeri 17 Palembang adalah baik dengan rincian persentase sebagai berikut: persentase siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis sangat baik adalah sebesar 40,625%. Kemudian 21,875% memiliki kemampuan berpikir kritis baik; 9,375% memiliki kemampuan berpikir kritis cukup; 21,875% memiliki kemampuan berpikir kritis kurang; dan 6,250% memiliki kemampuan berpikir kritis sangat kurang.