PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TEORI RELATIVITAS BERBADARKAN KECERDASAN SISWA KELAS XII SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Daftar Isi:
- Telah berhasil di kembangkan multimedia interaktif teori relativitas berdasarkan kecerdasan untuk kelas XII sekolah menengah atas yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembang Rowntree yang terdiri atas tiga tahap yaitu : 1) tahap perencanaan; 2). tahap pengembangan; 3). tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dilakukan uji empiris dengan menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) self evaluation; (2) expert review; (3) one-to-one evaluation; (4) small group; dan (5) field test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini telah menghasilkan multimedia interaktif teori relativitas berdasarkan kecerdasan yang valid dengan persentase skor kevalidan produk yang diperoleh dari validator sebesar 88,82% dengan kategori sangat valid. Multimedia interaktif teori relativitas berdasarkan kecerdasan memiliki persentase skor kepraktisan produk yang diperoleh pada tahap one to one sebesar 77,67% dan tahap small group sebesar 79,35%% dengan kategori sangat praktis. N-Gain yang diperoleh pada tahap fieldtest sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif teori relativitas berdasarkan kecerdasan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa dengan kategori sedang.