KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS KONTEN GEOMETRI DI SMP NEGERI 20 PALEMBANG
Daftar Isi:
- RAMA_84202_ 06081181520002_0002046104_07_lamp.pdf Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Palembang dalam menyelesaikan soal-soal TIMSS konten geometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 20 Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis mengenai soal-soal TIMSS konten geometri dengan kompetensi penalaran dan wawancara untuk mendapatkan data pendukung. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan bahwa kemampuan penalaran siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Palembang termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 58,3. Hasil tersebut tidak merata pada setiap kategori, dengan frekuensi tertinggi sebanyak 10 orang untuk kategori cukup, kategori kurang sebanyak 7 orang, kategori sangat baik dan sangat kurang sebanyak 5 orang dan kategori baik sebanyak 3 orang. Serta ketercapaian siswa pada indikator penalaran sebesar 68,8% untuk indikator menganalisis, 47,7% untuk indikator mengintegrasikan, dan 25,5% untuk indikator menarik kesimpulan. Selain itu juga ditemukan kesalahan-kesalahan siswa dalam menentukan prosedur yang digunakan, dan dalam melakukan perhitungan karena siswa belum terbiasa mengerjakan soal-soal non rutin