PENGARUH MODEL PEMECAHAN MASALAH PUTARAN GANDA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang Iebih tinggi pengaruh model pemecahan masalah putaran ganda dengan model kooperatif skrip terhadap kemampuan pemecahan masaJah peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang, penelitian ini menggunakan jenis penelitian True Eksperimental Design, dengan bentuk Pretest-Postest Control Group Design. PopuJasi penehtian ini seluruh peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 2 Palembang yang terdiri dari 3 kelas semester ganjil tahun 20 J 4 yang berjumlah 84 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatlah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 56. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganaJisa data dalam pembuktian adaJah statistik parametris meJaJui hipotesis (uji-t) dengan mengunakan rwnus uji-t Related (untuk sampel berpasangan) dan taraf signifikansi (a) = 5% dan dk = nl + n2 -2 jadi (dk = 28 +28 - 2 = 54). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 3,0~5 sedangkan tin1erpotasi sebesar 2,006. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada perbedaan pengaruh model pemecahan masalah putaran ganda dengan model kooperatif skrip terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang. Perbedaannya dapat dilihat dari basil tes peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai pretest sebesar 55,3 dan postes sebesar 85,03. Maka dalam penerapan model pemecahan masalah putaran ganda diharapkan bagi guru mampu membimbing dan memfokuskan dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.