PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DENGAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 10 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang perbandingan pengaruh model pembelajaran Time Token dengan Think Talk Write terhadap keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMP N 10 Palembang. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu “Apakah terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Time Token dengan Think Talk Write terhadap keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran IPS”. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan metode completely rendomized design, dengan bentuk pretest posttest.Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, didapat kelas VIII.11 sebagai eksperimen-1 dan kelas VIII.12 sebagai eksperimen-2 dengan masing – masing berjumlah 38 dan 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data observasi keterampilan sosial peserta didik kelas eksperimen-1 diperoleh nilai 97,4%. Pada kelas eksperimen-2 diperoleh nilai 84,1%. Adapun hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t didapat thitung ≥ ttabel =10,75 ≥ 1,985. Hal ini berarti terdapat perbedaan pengaruh model TimeToken dengan Think Talk Write terhadap keterampilan sosial. Kedua model ini sama – sama memiliki pengaruh sangat kuat terhadap keterampilan sosial. Tetapi pengaruh model Time Token lebih kuat dibanding pengaruh Think Talk Write dapat dilihat dengan nilai rhitung≥ rtabel yaitu 0,987 ≥ 0,320 untuk Time Token, sedangkan Think Talk Write sebesar rhitung ≥ rtabel yaitu 0.917 ≥ 0,312. Adapun kendala penelitian, peserta didik yang mendapat kesempatan berbicara tidak digunakan secara efisien, sulitnya mengatur peserta didik dalam melakukan tahap Think, tetapi dengan meyakinkan peserta didik untuk berani berpendapat dan mengatur waktu kedua kendala tersebut dapat dikendalikan.