Daftar Isi:
  • Masalah yang dijawab pada penelitian ini adalah tentang perbedaan gaya belajar dari siswa kelas XI IPA unggulan dan reguler. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecenderungan dan perbedaan gaya belajar yang dimiliki siswa kelas XI IPA unggulan dan reguler di SMA Negeri 13 Palembang. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyajian deskriptif. Subjek penelitian sebanyak dua kelas yang terdiri dari kelas unggulan sebanyak 40 siswa dan kelas reguler sebanyak 39 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket tertutup. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan gaya belajar siswa kelas XI IPA unggulan dan kelas XI IPA reguler dilihat dari jumlah skor gaya belajar yang didapat dari angket. Pada kelas XI IPA 1 Unggulan siswa paling banyak menggunakan gaya belajar visual, sedangkan pada kelas XI IPA 8 Reguler siswa paling banyak menggunakan gaya belajar auditorial. Kesimpulannya terdapat perbedaan antara penggunaan gaya belajar pada kelas XI IPA Unggulan dan XI IPA Reguler sebab pada kelas XI IPA 1 Unggulan siswa cenderung menggunakan gaya belajar visual dan pada kelas XI IPA 8 Reguler siswa cenderung menggunakan gaya belajar auditorial. Saran bagi siswa kelas XI IPA Unggulan hendaknya dapat memanfaatkan indra penglihatan sebagai kekuatan dalam proses belajar, sedangkan siswa kelas XI IPA Reguler hendaknya memanfaatkan indra pendengaran sebagai kekuatan pada saat proses belajar, dan untuk guru kelas XI IPA Unggulan hendaknya lebih banyak menggunakan metode mengajar yang menekankan pada penglihatan, sedangkan guru kelas XI IPA Reguler hendaknya lebih banyak menggunakan metode mengajar yang menekankan pada pendengaran.