Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Perbandingan Pengaruh Model Co-op Co-op dengan Model Integrated Reading and Composition terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Pagaralam”. Adapun rumusan masalah yaitu “apakah terdapat perbedaan pengaruh model Co-op Co-op dengan model Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pagaralam”. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, yang menggunakan desain compeletely randomized design, dengan bentuk pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Pagaralam. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X H sebagai kelas eksperimen 1 dan X I sebagai kelas eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu anova satu jalan dan diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh model Co-op Co-op dengan model Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pagaralam. Berdasarkan kendala dalam penelitian ini, disarankan guru yang akan menerapkan model Co-op Co-op harus menyajikan materi dengan baik dan membimbing peserta didik yang kesulitan mempelajari materi secara individu sedangkan bagi guru yang akan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition harus menyediakan wacana yang tidak terlalu panjang dan dengan cara penyampaian yang mudah dipahami oleh peserta didik.