PENGARUH MEDIA POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 87 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media powerpoint pada materi bangun ruang terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 87 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode preexperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 38 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut berdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh thitung = 3,538 sedangkan dari tabel distribusi t di peroleh ttabel = 1,687 sehingga terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang di kelas V SDN 87 Palembang.