Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik dengan tema “Keluarga” pada siswa kelas II SD Negeri 149 Palembang dengan implementasi media puzzle. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IIE SD Negeri 149 Palembang yang berjumlah 39 orang siswa, terdiri dari 20 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu butir soal yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan lembar observasi untuk melakukan pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian, diperoleh hasil bahwa, (1) ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada ujian tengah semester sebesar 43,59% meningkat pada Siklus I menjadi 61,54%. Pada Siklus II mencapai 86,48% dan pada Siklus III mencapai 89,91%; (2) hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama yaitu, 63,93% (Cukup aktif), pada siklus I pertemuan kedua 68,27% (Aktif), pada siklus II pertemuan pertama 73,26% (Aktif), pada siklus II pertemuan kedua 74,66% (Aktif), pada siklus III pertemuan pertama 76,87% (Aktif), dan pada siklus III pertemuan kedua 80,06% (Sangat aktif). Dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa implementasi Media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik.