Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 9 palembang yang berjumlah 30 orang siswa. Alat pengukur data ialah menggunakan lembar observasi data tes. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model PBL dengan kategori sangat baik dan baik adalah 72,63%, dimana persentase tersebut didapat dari penilaian kegiatan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menjumlahkan nilai siswa yang terkategori sangat baik dan baik pada setiap pertemuan dan hasilnya dibagi dengan banyak pertemuan yang dilaksanakan pada saat penelitian berlangsung. Model pembelajaran ini diategorikan baik karena terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan pembelajaran tradisional ditinjau dari kegiatan dan hasil belajar siswa. Sedangkan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model PBL dengan kategori sangat baik dan baik adalah 84,62%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model PBL baik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran siswa dimana lebih dari separuh dari jumlah keseluruhan peserta didik mendapatkan nilai yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal sekolah.