PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 2 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang penilaian diri peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Palembang. Rumusan masalah adalah bagaimanakah implementasi penilaian diri peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Palembang. Penelitian ini merupakan metode deskriptif. Hasil respon peserta didik terhadap penilaian diri peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi MAN 2 Palembang sebesar 83,24% termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil wawancara penilaian diri kepada guru mata pelajaran ekonomi kelas X dan guru kelas XI bahwa pada penilaian diri peserta didik dapat disimpulkan terdapat nilai-nilai yang positif dari sikap spiritual, jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri. Oleh karena itu, guru dan sekolah hendaknya melakukan reorientasi pendidikan menuju kepada poengembangan individualitas dan menempatkan nilai kejujuran pada penilaian yang paling utama dengan cara member tes soal kepada peserta didik di depan kelas dan memberi arahan sebelum memulai proses pembelajaran dengan cara jka ada peserta didik yang mencontek dan menyalin karya temannya maka pendidik akan menghukum peserta didik.