Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan peta pikiran sebagai media pembelajaran terhadap motivasi peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan design one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Subjek penelitian berjumlah 40 orang yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling dari kesuluruhan populasi penelitian. Hasil penelitian diketahui bahwa motivasi peserta didik sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan terjadi perubahan yang diperoleh dari hasil perhitungan statistik dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,447 > 0,312. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan peta pikiran sebagai media pembelajaran. Hal ini secara signifikan menunjukkan bahwa peta pikiran berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi peserta didik. Dengan demikian, penerapan peta pikiran yang dijadikan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 9 Palembang.