Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pengaruh Permainan Bowling terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Pembina Palembang”. Jenis penelitian Pre-eksperimen dengan desain one shoot case study. Tujuan penelitian di kelas B.3 yaitu untuk mengetahui pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan berhitung anak. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas B.3 yang diambil secara purposive sampling dengan pertimbangan kemampuan anak yang bervariasi serta jumlah anak yang memungkinkan untuk diterapkannya permainan bowling. Jumlah sampel berjumlah dari 37 orang anak yang terdiri dari 23 orang anak laki-laki dan 14 orang anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes berbentuk tertulis. Hasil analisis data dalam pembuktian hipotesis adalah one sample t test diperoleh hasil thitung sebesar 13,64 dan ttabel 1,68 dengan taraf signifikan 5% (ɑ = 0,05). Dalam hal ini thitung ˃ ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5 -6 tahun di TK Pembina Palembang. Dapat disarankan bahwa permainan bowling hendaknya digunakan dalam pembelajaran berhitung permulaan untuk kelas yang lain.