Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan klasikal dengan teknik diskusi terhadap perencanaan pemilihan sekolah lanjutan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Palembang. Subjek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan design One-Group Pretest-Posttest. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda (multiple choice test). Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji tanda t test. Hasil penelitian diketahui bahwa pemahaman tentang perencanaan pemilihan sekolah lanjutan siswa sebelum diberikan perlakuan beradanpada kateggori cukup. Setelah diberikan perlakuan mengalami perbahan menjadi lebih tinggi. Dengan demikian layanan klasikal dengan menggunakan teknik diskusi dapat meningkatkan pemahaman tentang perencanaan pemilihan sekolah lanjutan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Palembang.