Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Indika.tor kemampuan berpikir kreatif yang diukur ada.lah indika.tor flexibility (keluesan berpikir). Populasi pada. penelitian ini adalah seluruh siswa. kelas X IP A di SMA Negeri 14 Palembang dan sampel penelitian ini a.dalah seluruh siswa kelas X IP A 1 SMA Negeri 14 Palembang pada. semester ga.njil tahun aja.ran 2014-2015. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Data hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata persentase keterlaksanaan model PJBL dari pertemuan pertama hingga. Pertemuan keenam sebesar 81 %, aktivitas guru sebesar 77%, aktivitas siswa sebesar 79%, sikap siswa pa.da. saat proses pengerjaan proyek rata.-ra.ta sebesar 84%. Rata.-rata. persentase kemampuan berpikir kreatif siswa. pada pertemuan pertama. sebesar 25%, pada. pertemua.n kedua sebesa.r 46%, pertemuan ketiga sebesar 54%, pertemuan keempat sebesar 61 %, pertemuan kelima. sebesar 76% dan pertemuan keenam sebesar 81 %. Kesimpulan pa.da. penelitia.n ini a.da.la.h model PJBL dapa.t digunakan untuk melihat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran pada ma.ta pelajaran Fisika materi Dinamika Partikel di kelas X IP A 1 di SMA Negeri 14 Palembang.