PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK SISWA KELAS 8 DI SMP NHA TRANG VIETNAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKS berbasis RME yang valid dan praktis pada materi segiempat untuk siswa SMP di Vietnam dan mengetahui apakah LKS tersebut memberi efek potensial terhadap pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan dengan tahap desain, self evaluation, uji one-to-one, expert review, small group, dan field test. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas 8 SMP Nha Trang Vietnam. Metode pengambilan data yang digunakan yakni walk through, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu mendapatkan sebuah LKS berbasis RME materi segiempat yang valid dan praktis. Kevalidan LKS berdasarkan isi, konstruk, dan bahasa. Berdasarkan isi, LKS yang dikembangkan telah sesuai dengan karakteristik RME. Berdasarkan konstruk, LKS sudah tersusun dengan baik. Sedangkan berdasarkan bahasa, LKS telah menggunakan bahasa yang baik dan benar dimana tidak ada siswa yang salah pengertian dan mempunyai penafsiran ganda ketika membacanya. Kepraktisan LKS tampak dari siswa dapat menggunakan LKS tersebut dengan baik. Namun efek potensial yang ditimbulkan tidak terlalu nampak dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya situasi dan kondisi sekolah saat field test berlangsung dan juga pengaruh kurikulum yang masih berorientasi pada ujian akhir, sehingga siswa tidak begitu focus mengerjakan sesuatu hal yang tidak berkaitan dengan nilai mereka.