PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI GERAK DAN LAGU PADA ANAK KELOMPOK A TKIT MENARA FITRAH INDRALAYA OGAN ILIR
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan jenis Tindakan Kelas, dengan judul “Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan melalui Gerak dan Lagu Pada Anak Kelompok A TKIT Menara Fitrah Indralaya Ogan Ilir”. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak. Subjek yang digunakan ialah anak kelompok A di TKIT Menara Fitrah Indralaya Ogan Ilir pada semster genap tahun ajaran 2015-2016 dengan jumlah 16 orang siswa, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk perbuatan dan observasi. Hasil analisis data diperoleh peningkatan dari pra siklus, ke siklus I, kemudian ke siklus II, secara berturut-turut nilai anak yang mendapat kategori minimal BSH adalah : 9 orang atau 56,5% pada prasiklus, meningkat menjadi 10 orang atau 62,5% pada siklus I,karena pembelajaran sudah menggunakan gerak dan lagu yang mengacu pada kelincahan dan kesesuaian antara gerak dan lagu saat berhitung, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 15 orang atau 81,25% karena pembelajaran gerak dan lagu sudah mengacu pada kelincahan, kesesuaian, ketepatandan tanpa bantuan antara gerakan dan lagu saat berhitung. Semua indikator muncul dalam penelitian ini, terlihat indikator 1 dan 2 anak membilang angka 1 sampai 10 dan membilang angka dengan gerakan dan lagu, 16 atau seluruh anak mendapat skor 4. Indikator 3 yaitu menambah angka 1 sampai 10 dengan gerakan dan lagu, 5 dari 16 anak mendapat skor 4, terakhir pada indikator 4 anak mengurang angka satu sampai sepuluh belum ada anak yang mendapat skor 4. Kelemahan dari penelitian ini ialah sulitnya menyeimbangkan antara gerakan dan lagu serta tema yang digunakan.